www,harisahmad.com Sudah Dapat Diakses Kembali

Beberapa waktu yang cukup lama setelah blog ini tidak dapat diakses atau tidak bisa dibuka karena mendapatkan peringatan dari google chrome (pihak google). Terus terang seperti melihat jalan yang berkabut di siang hari saat turun hujan. Was-was blog ini akan ditutup selamanya oleh google. Was-was pula jika berlangsung terus menerus blog ini tetap ada namun tidak ada satu pun yang membuka blog ini.

Alhamdulillah beberapa hari yang lalu setelah bergelut dengan beberapa trik dan teknik, hingga konsultasi dengan pihak hosting. Dan akhirnya blog ini dapat dibuka kembali melalui google chrome dan mozilla firefox.

Dari kasus yang terjadi pada blog harisahmad.com banyak pelajaran yang dapat saya ambil, mungkin Anda juga dapat petik pelajaran dari pengalaman saya ini. oleh karena itu sebelum kejadian ini menimpa blog Anda, ada baiknya Anda berbenah dengan blog Anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati blog yang bermasalah

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, itu papatah yang cocok untuk saat ini. Lebih baik mencegah sebelum blog kesayangan Anda terkena dampak negatifnya dari pesan Deceptive site ahead. Sehingga blog Anda tidak dapat diakses dan akhirnya Anda akan kehilangan banyak pengunjung yang selama ini Anda bersusah payah mendatangkan pengunjung dengan membuat konten yang menarik.

Inilah beberapa penyebab munculnya pesan Deceptive site ahead

Penyebab munculnya pesan deceptive site ahead yang sangat merugikan itu adalah sebagai berikut :

  1. Scrip iklan pihak ketiga. Scrip iklan dari pihak ketiga yang disinyalir pihak google sangat berbahaya. Karena mengarahkan pengunjung pada situs berbahaya atau mengarah pengunjung untuk mengunduh program berbahaya.
  2. Plugin jahat. Plugin wordpress juga dapat dijadikan pihak hacker untuk mengambil data atau menyerang situs tertentu.
  3. Themes yang jahat. Themes pada wordpress pun dapat disusupi oleh program-program jahat yang merugikan pengunjung atau pihak lain.
  4. Konten yang negatif. Konten yang negatif yang berisikan informasi atau ajakan mengunjungi situs terlarang atau mengajak untuk menggunakan produk tertentu yang dilarang pihak google. Semisal domain atau hosting yang sudah di blacklist oleh google.

Iklan yang dipasang di blog dapat mendatangkan malapetaka

Setelah browsing mencari informasi dan membaca lama resmi google, serta beberapa pendapat kawan. Akhirnya saya menghapus seluruh scrip iklan pihak ketiga. Sementara waktu saya menghilangkan sumber duit dari internet berupa iklan PPC. Banner iklan di head blog juga mau gak mau harus dihapus.

Plugin dapat menyebabkan masalah di dalam sebuah blog

Setelah dipelajari perlahan tentang penyebab munculnya pesan peringatan tersebut. Salah satu penyebab masalah hingga blog dianggap membawa bahaya bagi para pengunjungnya, adalah plugin wordpress yang telah di install. Hal ini juga telah menimpa blog saya, ada 4 plugin yang bermasalah.

Semua plugin tersebut telah saya install semenjak blog harisahma.com berdiri pada tahun 2009. Dan plugin tersebut sudah tidak di update lagi oleh pembuatnya, serta ada juga plugin yang sudah tidak terdaftar di wordpress.org. Plugin wordpress yang sudah tidak terdaftar di wordpress.org inilah yang dianggap berbahaya oleh google.

Plugin wordpress yang tidak update dapat dianggap berbahaya oleh google

Disamping itu semua banyak plugin yang diam-diam merusak dan mencuri data pemilik blog atau pengunjung blog. Dan ini sangat berbahaya. Ada baiknya sebelum memilih plugin wordpress,  Anda pelajari terlebih dahulu. Plugin yang bagus dan baik pun suatu saat dapat dianggap berbahaya jika tidak lagi update dari pembuatnya.

Konten dapat menyebabkan penilaian negatif oleh google.

Kadangkala kita tidak sengaja mengulas sesuatu ataupun program tertentu dan berakibat pada penilaian negatif dari google. Seperti konten saya mengenai domain dan hosting gratis dianggap berbahaya oleh google. Padahal niat saya hanya memberikan informasi bahwa sebenarnya ada pihak yang menyediakan doamin dan hosting gratis.

Karena domain gratis seperti yang saya ulas itu (domain c0,cc) dianggap sebagai domain spammer yang merugikan. Yang salah itu sebenarnya pihak yang menggunakan domain gratis untuk kejahatannya, sedang domain gratis itu tidak tahu menahu. Namun dipihak lain google menganggap berbahaya. Dan orang lain yang memberikan info ikut dituduh menyebarkan domain spammer.

Semua kembali kepada Anda, dan hukum rimba siapa yang berkuasa harus dipatuhi. Dan saat ini google sebagai penguasa mau tidak mau kita harus ikut hukum dan peraturan google di dunia maya ini. Semoga bermanfaat ! Happy blogging.

Postingan Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge