Situ Babakan Kampung Budaya Betawi

ondel ondel betawiPernah dengar Condet, atau Kampung Betawi Condet? Atau Cagar Budaya Betawi Condet ?

Pada tahun 1976 masa Gubernur Ali Sadikin kawasan Condet dijadikan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Tapi sayang kawasan tersebut hanya mampu bertahan lebih kurang 10 tahun. Selanjutnya Condet tinggal kenangan.

Dengan seiring perkembangan dan pembangunan Kota Jakarta orang orang Betawi di kawasan yang terdiri atas Kelurahan Bale Kambang, Batu Ampar, dan Kampung Tengah ini menjadi minoritas sehingga masyarakat Betawi di kawasan ini juga semakin berkurang. Hijrah ke pinggir Jakarta :D

Setelah Cagar Budaya Betawi di Condet lenyap dimakan jaman. Namun pada tahun 2001 Gubernur Sutiyoso melanjutkan perhatian terhadap Budaya Betawi yang kian terpinggirkan di rumahnya sendiri.

Perhatian Bang Yos  adalah Situ Babakan di Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan ditetapkan sebagai Perkampungan Betawi. Mungkin karena hampir 70 persen penduduk kelurahan itu merupakan orang Betawi.

Kawasan Situ Babakan terletak di pinggir sebuah situ atau danau yang cukup besar. Suasana masih sejuk dengan masih banyaknya pohon pohon rindang.

salah satu rumah adat betawi

salah satu rumah adat betawi

Semua rumah yang dibangun di kawasan ini menggunakan konsep ala betawi tempo dulu atau bercirikan rumah adat betawi. Tempat ini bisa dijadikan sarana belajar bagi mereka yang ingin mengetahui budaya betawi lebih lanjut karena ditempat ini juga dilaksanakan pementasan budaya betawi setiap Sabtu atau Minggu.

Kadang terbesit di pikiran, Mampukan Cagar Budaya Betawi Situ Babakan bertahan terus melawan perkembangan dan pembangunan Kota Jakarta ??

Haruskan senasip dengan Cagar Budaya Condet yang hilang dimakan Keserakahan kota ??

Kalo bukan kite kendiri, siape lagi yang ngejaga kampung Kite ?

Postingan Terkait:

You can leave a response, or trackback from your own site.

26 Responses to “Situ Babakan Kampung Budaya Betawi”

  1. Anonymous says:

    Situ Babakan Kampung Budaya Betawi…

    Pada tahun 1976 masa Gubernur Ali Sadikin kawasan Condet dijadikan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Tapi sayang kawasan tersebut hanya mampu bertahan lebih kurang 10 tahun. Selanjutnya Condet tinggal kenangan….

  2. kilasan.com says:

    Situ Babakan Kampung Budaya Betawi | harisahmad.com…

    Pada tahun 1976 masa Gubernur Ali Sadikin kawasan Condet dijadikan sebagai kawasan Cagar Budaya Betawi. Tapi sayang kawasan tersebut hanya mampu bertahan lebih kurang 10 tahun. Selanjutnya Condet tinggal kenangan….

  3. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Moga ja situs budaya situ babakan mampu bertahan dari himpitan jaman

  4. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Keknya bukan hanya nkewajiban pemerintah saja, tetapi seluruh lapisan masyarakat termasuk warga betawi sendiri…
    .-= alamendah´s Postingan Terbaru blog ..Phobaeticus chani Serangga Terpanjang Di Dunia =-.

  5. farida says:

    salah satu wisata favorit kami mas.. mencoba memperkenalkan budaya dan makanan betawi buat anak2. semoga bisa bertahan dan menjadi andalan promosi betawi…
    .-= farida´s Postingan Terbaru blog ..Aplikasi SAK per 20 April 2010 =-.

  6. Reza Fauzi says:

    ane bikin film kemaren di sane… buat tugas sekolah, haha
    salam kenal dari anak pondok labu aseli..

  7. Wong Jalur says:

    Photo yang atas, Perasaan gantengan Ondel-ondelnya…….. piisssss :D

  8. sunflo says:

    dooh aku blompernah ke betawi Gut… paling ke jakarta ya pas mau terbang itu… semoga generasi sekarang ini mau melestarikan cagar budaya itu ya
    .-= sunflo´s Postingan Terbaru blog ..My 4th Umrah: Menyusuri Madinah =-.

  9. didot says:

    wah deket jagakarsa tuh ya? kalau kegusur lagi gimana tuh mas?? bisa abis dong kampung betawinya nanti??
    .-= didot´s Postingan Terbaru blog ..sekilas mualaf =-.

  10. Alwi says:

    Maaf nih Bang Haris baru bisa BW setelah dari Kopdar seminggu ngacir ke Jogja heeee …..
    Setu babakan salah satu asset yang penting sebagai cagar budaya sekaligus sebagai sarana untuk wisata … mencegah/mengurangi banjir/resapan dll .. saya dah 5 kali ke sana Bang …. dan selalu beli kerak telor eeeenaaakkkk ……

  11. Kang Yudiono says:

    Yang pake baju putih pada foto di atas, siapa Bang?
    Cool banget tuh :lol:

  12. [...] Minuman keras dan bagi umat islam sangat diharamkan. Ini Berbeda dengan Bir Pletok yang banyak di perkampungan betawi. Jelas jelas bir ini tidak mengandung [...]

  13. Hey – reliable online, just looking around some online, to remain a extremely important platform you are using. I’m presently using WordPress for a handful of of my strategies and information but looking to improve one of them around to a platform comparable to yours like a trial work. Anything in actual you’ll recommend regarding it?

  14. [...] Beksi yang lahir di daerah Kebayoranlama atau silat Cingkrik dari Condet. Tanahabang pun menjadi tempat lahirnya satu aliran silat yang diberi nama, Sabeni. Namun, dari dua [...]

  15. Ane walaupun kan orang betawi asli, tapi lahir di betawi tahun 1965, di kawasan glodok. Pertahankan terus ampe kiamat Kampung Betawi yang ade di Setu Babakan Jagakarsa, Orang2 yang ade di Jagakarsa khususnya orang betawi harus kompak, kalau bukan kite yg jage kampung kite sape lagi. Bravo deh wat Bang Haris Ahmad.

  16. [...] pertengahan tahun 90-an, di kampung kampung yang dihuni oleh mayoritas orang betawi, sepanjang bulan ramadhan dan menjelang lebaran, suara petasan pastilah ada. Mungkin rasanya kurang [...]

  17. [...] pertengahan tahun 90-an, di kampung kampung yang dihuni oleh mayoritas orang betawi, sepanjang bulan ramadhan dan menjelang lebaran, suara petasan pastilah [...]

Leave a Reply

CommentLuv badge

Free T-Mobile Phones on Sale | Thanks to CD Rates, Best New Business and Registry Software
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.