Seni Musik Betawi Gambang Kromong

Gambang Kromong  adalah salah satu kesenian betawi bagian dari budaya betawi. Dan Gambang Kromong merupakan percampuran antara unsur-unsur pribumi melayu dengan unsur Tionghoa. Hal ini dapat jelas dilihat secara fisik unsur budaya Cina tampak pada alat-alat musik gesek yaitu Tehyan, Kongahyan dan Sukong.

Sedangkan alat musik lainnya yaitu gambang, kromong, gendang, kecrek dan gong merupakan unsur pribumi. Perpaduan kedua unsur kebudayaan tersebut tampak pula pada perbendaharaan lagu-lagunya.

Disamping lagu – lagu yang menunjukan sifat pribumi seperti jali-jali, surilang, persi, balo-balo, lenggang-lenggang kangkung, onde-onde, gelatik ngungkuk dan sebagainya.

Terdapat pula lagu-lagu yang jelas bercorak Cina, baik dari nama lagu, alur melodi maupun liriknya seperti Kong Jilok, Sipatmo, Phe Pantaw, Citnos, Macuntay, Gutaypan, dan sebagainya. Sebutan untuk tangga nadanya pun berasal dari bahasa Cina yaitu Syang atau Hsyang, Ceh atau Tse, Kong, Oh, atau Ho, Uh Lio atau Liu dan Suh.

Gambang Kromong merupakan musik Betawi yang paling merata penyebarannya di wilayah budaya Betawi, baik di Wilayah DKI Jakarta sendiri maupun di Daerah sekitarnya, lebih banyak penduduk keturunan Cina dalam masyarakat Betawi setempat, lebih banyak pula terdapat grup-grup orkes Gambang Kromong. Di Jakarta Utara dan Jakarta Barat misalnya, lebih banyak jumlah grup Gambang Kromong dibandingkan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Dewasa ini terdapat istilah “gambang kromong asli” dan “gambang kromong kombinasi”. Sebagaimana tampak pada namanya “Gambang Kromong Kombinasi”, ialah orkes Gambang Kromong yang alat-alatnya ditambah atau dikombinasikan dengan alat-alat musik barat modern yang kadang-kadang elektronis, seperti gitar melodi, bas, gitar, organ, saxopone. drum dan sebagainya.

Disini berlangsung perubahan dari laras pentatonis menjadi diatonis tanpa terasa mengganggu. dengan penambahan alat musik  itu warna suara gambang kromong masih tetap terdengar, serta masuknya lagu-lagu pop berlangsung secara wajar, tidak dipaksakan. Terutama bagi generasi muda tampaknya gambang kromong kombinasi lebih komunikatif, sekalipun kadang-kadang ada kecenderungan tersisihnya suara alat-alat gambang kromong asli oleh alat musik elektronis yang semakin dominan.

  • Referensi : Dinas Kebudayaan Dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta, Ikhtiar Kesenian Betawi, 2003
  • Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Postingan Terkait:

You can leave a response, or trackback from your own site.

12 Responses to “Seni Musik Betawi Gambang Kromong”

  1. [...] Seni Musik Betawi Gambang Kromong | harisahmad.com [...]

  2. Kristiana says:

    ternyata banyak juga ya kesenian tradisional suku betawi…mantap…

  3. batavusqu says:

    Salam Takzim
    wahhhh izro punya tuh bang
    walau udah tahun 2010 nih musik tetap keputer saban malam hehehe
    Salam Takzim Batavusqu
    batavusqu´s Postingan Terbaru [type] ..Replika Oemar bakri

  4. Anonymous says:

    Seni Musik Betawi Gambang Kromong | harisahmad.com…

    Gambang Kromong adalah salah satu kesenian betawi bagian dari budaya betawi. Dan Gambang Kromong merupakan percampuran antara unsur-unsur pribumi melayu dengan unsur Tionghoa…

  5. kilasan.com says:

    Seni Musik Betawi Gambang Kromong | harisahmad.com…

    Gambang Kromong adalah salah satu kesenian betawi bagian dari budaya betawi. Dan Gambang Kromong merupakan percampuran antara unsur-unsur pribumi melayu dengan unsur Tionghoa…

  6. pligg.com says:

    Seni Musik Betawi Gambang Kromong | harisahmad.com…

    Gambang Kromong adalah salah satu kesenian betawi bagian dari budaya betawi. Dan Gambang Kromong merupakan percampuran antara unsur-unsur pribumi melayu dengan unsur Tionghoa…

    • Hari says:

      Buat ncang ncing nyak babe, mau minta tulung dong, punya No.telpon grup gambang kromong “Jali Putra” ga yah, kalo punya tulungin ane dong no.telpon dan kontak personnya siape ?

  7. ah gw nggak ngerti gw lg disuruh bikin kliping lg

  8. brand says:

    kesenian budaya daerah sekarang memang jarang kita temui ato mungkin jarang kita dengarkan, tidak seperti dahulu.. padahal warisan budaya tersebut semestinya harus bisa kita lestarikan dan kita harus tetap bisa menjaganya..

  9. Blog trao doi kien thuc ve Hosting…

    [...]Seni Musik Betawi Gambang Kromong | harisahmad.com[...]…

  10. Rose Virgine says:

    Wow.. Bagus bgt artikelnya

  11. [...] atau kue keranjang. Pengaruh cina memang kelewat banyak dalam kehidupan orang Betawi. Mulai dari seni musik hingga pakaian dan adat istiadat. Dalam hal busana, peran cina tercermin lewat baju koko, celana [...]

Leave a Reply

CommentLuv badge

Free T-Mobile Phones on Sale | Thanks to CD Rates, Best New Business and Registry Software
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.