Golok Betok Pusaka Asli Betawi

golok betok senjata pusaka betawi

Bangsa indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang dihasilkan dari berbagai macam etnis yang ada. Bila dibandingkan dengan negara lain indonesia jauh lebih unik.

Salah satu keunikannya adalah, setiap suku bangsa di indonesia memiliki senjata khas masing masing. Orang jawa dengan keris, orang sunda dengan kujang, sedangkan dari etnis betawi terkenal dengan golok.

Dahulunya golok dipakai oleh jagoan/jawara sebagai senjata. Salah satu golok yang terkenal adalah Golok Betok yang kini diperkirakan berusia lebih kurang 800 tahun. Yang kini menjadi senjata pusaka yang masih tersimpan rapi oleh seorang kolektor senjata tradisional.

Menururutnya Golok Betok sebagai sebuah senjata pusaka keberadaannya merupakan asal muasal senjata dalam sejarah nusantara. Bahkan, sebelum adanya keris dan kujang karena Golok Betok sudah ada konsepnya lebih dahulu.

Jikalau dilihat dari bentuknya Golok Betok tak jauh beda dengan golok golok umumnya. Hanya saja golok ini terihat gemuk dan sedikit lebih pendek/bantet. Golok ini terbuat dari baja hitam dengan gagang kayu hitam juga. Mungkin juga bentuknya seperti ikan betok :D

Postingan Terkait:

You can leave a response, or trackback from your own site.

24 Responses to “Golok Betok Pusaka Asli Betawi”

  1. Kang Yudiono says:

    Saya baru tahu ada Golok Betok, mirip nama ikan Bang…
    .-= Kang Yudiono´s Postingan Terbaru blog ..Poling: Browser Apa yang Anda Gunakan? =-.

  2. pligg.com says:

    Golok Betok Pusaka Asli Betawi…

    Bangsa indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang dihasilkan dari berbagai macam etnis yang ada. Bila dibandingkan dengan negara lain indonesia jauh lebih…

  3. Anonymous says:

    Golok Betok Pusaka Asli Betawi…

    Bangsa indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang dihasilkan dari berbagai macam etnis yang ada. Bila dibandingkan dengan negara lain indonesia jauh lebih unik. Salah satu keunikannya adalah, setiap suku bangsa di indonesia memiliki senjata khas mas…

  4. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!

    ya, seperti nama ikan saja. Saya malah baru tahu tentang golok ini. Ternytata bangsa kita punya kekayaan budaya yang sangat besar

    Jangan lupa untuk ikut ambil bagian dalam “Earth Hour” malam ini. Cukup mematikan lampu dan peralatan listrik (termasuk BERHENTI NGEBLOG) selama 1 jam mulai pukul 20.30. Mari; ubah dunia dalam satu jam
    .-= alamendah´s Postingan Terbaru blog ..Kucing Merah (Pardofelis badia), Kucing Endemik Kalimantan =-.

  5. ian says:

    baru tau saia :p
    .-= ian´s Postingan Terbaru blog ..Manusia berdemo =-.

  6. sunflo says:

    sekarang masih banyak ada di kampung2 atawa udah langka, Gut?

  7. Vulkanis says:

    Siga bedog yah gut ?

  8. Vulkanis says:

    Bedog tuh Golok juga Gut

  9. Epenkah says:

    wow 800 thn?! Beruntung bgt kolektor yg masih nyimpan barangnya ya. Kalo melihat besinya, mirip dgn badik atau keris yg ada di Sulawesi. Bertekstur seperti urat kayu gitu (wiss, ky pengamat barang antik aja :-D )
    .-= Epenkah´s Postingan Terbaru blog ..Submit Sitemap ke Search Engine =-.

  10. [...] Golok di pinggang kumis melintang ha ha ha ha, jidat lebar rambut selembar….. [...]

  11. keris pusaka says:

    [...] atau benda-benda pusaka atau keramat lainnya yang dimiliki tetangga kita. Atau mungkin kita melihatGolok Betok Pusaka Asli Betawi | harisahmad.comBangsa indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang dihasilkan dari berbagai macam etnis yang ada. [...]

  12. KlikSite.com says:

    Golok Betok Pusaka Asli Betawi | harisahmad.com…

    Salah satu keunikannya adalah, setiap suku bangsa di indonesia memiliki senjata khas masing masing. Orang jawa dengan keris, orang sunda dengan kujang, sedangkan dari etnis betawi terkenal dengan golok. Dahulunya golok dipakai oleh jagoan/jawara sebaga…

  13. sibetokjohnwentcityland says:

    waaah muantapz gan…ditenabang juga ada tuh namanya silat betawi asli tenabang tempo dulu dgn julukan SI BETOK,penasaran ama namaxa..pdhl itu udah ada dr jaman kompeni,tp langka org yg tao..latihannya tersembunyi,tdk pamer,gk bertele-tele,lgs fokus k vital sekali dapet ambruk,jurus bkn boat tanding tp boat killer (menyerang 70% n btahan 30%)..semua jurus ada di si betok..jurus andalan namanya tio liong kun,jurus ayam hutan,bango,monyet hutan,banteng dll…tp klo ente cari susah banget!org2nnya dah pada mencar2..coba deh telusurin asal usul bdaya silatnya si betok..

  14. lukman says:

    klo mau nyari sejarah buku tentang golok betok dmn tu ada ga kira” buku’y.

  15. Cece says:

    Gagah Bang fotonye, ini sumber foto darimana yah? Ane mau tau senjata aseli Betawi, Tangerang, Bogor juga nih. Bisa bantu yah :)

    Hatur nuhun

Leave a Reply

CommentLuv badge

Free T-Mobile Phones on Sale | Thanks to CD Rates, Best New Business and Registry Software
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.