Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta

logo dki jakarta

Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya adalah sebagai berikut :


  • Lukisan Perisai segi lima yang didalamnya melukiskan gerbang terbuka.
  • Didalam gerbang terbuka itu terdapat “Tugu Nasional” yang dilingkari oleh untaian (krans) padi dan kapas. Sebuah tali melingkar pangkal tangkai-tangkai padi dan kapas.
  • Pada bagian atas pintu gerbang tertulis sloka “Jaya Raya”, sedang di bagian bawah perisai terdapat lukisan ombak-ombak laut.
  • Pinggiran Perisai digaris tebal dengan warna emas.
  • Gerbang terbuka bagian atas berwarna putih, sedang huruf-huruf sloka “Jaya Raya” yang tertulis diatasnya berwarna merah.
  • “Tugu Nasional” berwarna putih.
  • Untaian (krans) padi berwarna kuning dan untaian (krans) kapas berwarna hijau serta putih.
  • Ombak-ombak laut berwarna dan dinyatakan dengan garis-garis putih, kesemuanya ini dilukiskan atas dasar ysng berwarna biru.

Pengertian

Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya melukiskan pengertian-pengertian sebagai berikut :

  1. Jakarta sebagai kota revolusi dan kota proklamasi kemerdekaan Indonesia :
  2. Jakarta sebagai lbu-Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengertian kota dilambangkan dengan gerbang (terbuka).

  • Kekhususan kota Jakarta sebagai kota revolusi dan kota proklamasi dilambangkan dengan’Tugu Nasional” yang melambangkan kemegahan dan daya juang dan cipta Bangsa dan rakyat Indonesia yang tak kunjung padam.
  • “Tugu Nasional” ini dilingkari oleh untaian padi dan kapas, dimana pada permulaan tangkai-tangkainya melingkar sebuah tali berwarna emas, yakni lambang cita-cita daripada perjuangan Bangsa Indonesia yang bertujuan suatu masyarakat adil dan makmur dalam persatuan yang kokoh erat.
  • Dibagian bawah terlukis ombak-ombak laut yang melambangkan suatu ciri khusus dari Kota dan negeri kepulauan Indonesia.
  • Keseluruhan ini dilukiskan atas dasar wama biru, wama angkasa luar yang membayangkan cinta kebebasan dan cinta darnai bangsa Indonesia.
  • Dan keseluruhan ini pula berada dalam gerbang, dan pada pintu gerbang itu terteralah dengan kemegahan yang sederhana sloka “Jaya Raya’ satu sloka yang menggelorakan semangat segala kegiatan-kegiatan Jakarta Raya sebagai lbu-kota dan kota perjoangan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Dan keseluruhan ini pula berada dalam kesatuan yang seimbang pada bentuk perisai segi-lima yang bergaris tebal emas, sebagai pernyataan permuliaan terhadap dasar falsafah negara “Pancasila”

Tentang arti bentuk lukisan serta wama masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut:

Bentuk : pintu gerbang - Lambang kota, lambang kekhususan Jakarta sebagai pintu keluar masuk kegiatan-kegiatan nasional dan hubungan intemasional.
Tugu Nasional - Lambang kemegahan, daya-juang dan cipta.
padi/kapas - Lambang kemakmuran.
tali emas - Lambang pemersatuan dan kesatuan.
ombak laut - Lambang kota, negeri kepulauan.
sloka “Jaya Raya” - Slogan perjuangan Jakarta
Bentuk perisai segi lima - Pancasila
Warna : mas pada pinggir perisai - Kemuliaan Pancasila.
merah sloka - Kepahlawanan
putih pintu gerbang - Kesucian
putih tugu nasional - Kemegahan kreasi mulya
kuning padi/hijau putih kapas - Kemakmuran dan keadilan
biru - Angkasa bebas dan luas
ombak putih - Alam laut yang kasih.

Semoga Bermanfaat :D :D

Sumber : Perda No. 6 Tahun 1963

Postingan Terkait:

You can leave a response, or trackback from your own site.

30 Responses to “Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta”

  1. yangputri says:

    atasnya monas kenapa warna merah, kan emas harusnya warna kuning lho….

  2. Anonymous says:

    Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta…

    Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya melukiskan pengertian-pengertian sebagai berikut : 1. Jakarta sebagai kota revolusi dan kota proklamasi kemerdekaan Indonesia : 2. Jakarta sebagai lbu-Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia….

  3. Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com…

    Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya melukiskan pengertian-pengertian sebagai berikut : 1. Jakarta sebagai kota revolusi dan kota proklamasi kemerdekaan Indonesia : 2. Jakarta sebagai lbu-Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia….

  4. pligg.com says:

    Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com…

    Lambang Daerah Khusus lbukota Jakarta Raya adalah sebagai berikut : Lukisan Perisai segi lima yang didalamnya melukiskan gerbang terbuka. Didalam…

  5. [...] Langsung ke TKP Disini Categories: Sekedar Aja Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan komentar Lacak balik [...]

  6. Zaiful Anwar says:

    Wow sangat komplik kang. Lambang benar-benar sesuai dengan karakter kotanya.
    .-= Zaiful Anwar´s Postingan Terbaru blog ..Cara mendaftar di BuyBlogReviews =-.

  7. peri says:

    penjelasan yg sangat jelas mas
    tapi monas nya warna merah yah
    salam
    .-= peri´s Postingan Terbaru blog ..love…. =-.

  8. sunflo says:

    wow..wow…wow.. nie penjabaran lengkapnya… bener kan jawabanku di rumah ogut yg atunya… ^^
    .-= sunflo´s Postingan Terbaru blog ..Sampai Kebawa Mimpi … =-.

  9. fauzan_dira says:

    thank’s yaa infonya. bermanfaat banget buat gue

  10. aliyafirza says:

    makasih banyak yaa info nya. berguna banget nih buat ngerjain pr :D

  11. Arham Ifahda says:

    Untung aja ada bahan buat ngerja’in Pekerja’an Rumah… !! (-_-)

  12. Arham Ifahda says:

    Lumayan juganih buat ngerja’in PR… !! (-_-)

  13. Jual Beli Harga Logam mulia terkini…

    [...]Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com[...]…

  14. berita terkini…

    [...]Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com[...]…

  15. jual tanah,jogja,jual beli rumah…

    [...]Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com[...]…

  16. arjunadki says:

    Lambang monas yang aslinya,bukan lambang garuda bawa salak?
    arjunadki´s Postingan Terbaru [type] ..Ban Terbaik Di Indonesia Gt Radial

  17. Ramalan Bintang…

    [...]Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com[...]…

  18. rumah dijual says:

    jual rumah di jakarta
    rumah dijual´s Postingan Terbaru [type] ..Dijual Cepat Sebidang Tanah Dan Bangunan Di Cengkareng

  19. jaket kulit says:

    jaket kulit…

    [...]Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com[...]…

  20. kaos bola says:

    kaos bola…

    [...]Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta | harisahmad.com[...]…

  21. anjng says:

    anjing , lu bangsat.ngapain lu protect this page???HAH!!!!
    GUA MAU COPAS JADI NGAK BISA ANJING

  22. ratna yuntari says:

    terima kasih mas

  23. oke makash atas info nya
    Bermanfaat banget loh
    Tapi ko ga bisa di share ke facebook siih? Pdhl mau kasih tau manteman saya jugaa

Leave a Reply

CommentLuv badge

Free T-Mobile Phones on Sale | Thanks to CD Rates, Best New Business and Registry Software
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.