6 Bangunan Bersejarah Di Jakarta

Jakarta yang dahulu bernama Batavia pernah menjadi pusat pemerintahan Belanda serta meninggalkan banyak bangunan tua bersejarah. Bangunan tua itu dahulu merupakan gedung pemerintah ataupun fasilitas umum yang dibangun untuk menggerakan roda pemerintahan.

Beberapa warisan sejarah itu kini menjadi kafe, kantor ataupun museum. Berikut adalah beberapa bangunan bersejarah di Jakarta berupa museum.

1. Museum Bahari

Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan no.1 Penjaringan, Jakarta Utara. Dahulu bernama westzijdsch Pakhuizen yang dibangun pada tahun 1718-1773 dengan arsitektur bergaya eropa.

2. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di Jalan Taman Fatahillah no.2 Taman Sari, Jakarta Barat. Dahulu bernama Raad Van Justitie yang dibangun pada tahun 1866-1870 dengan arsitektur bergaya neoklasik. Baru diresmikan sebagai museum pada tahun 1977.

3. Museum Wayang

Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara no.27 Taman Sari, Jakarta Barat. Dahulu bernama De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda. Museum ini dibangun pada tahun 1640. Dan diresmikan sebagai museum pada Agustus 1975.

4. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah no.1 Taman Sari, Jakarta Barat. Dahulu bernama Stadhuis atau Balai Kota. Museum ini dibangun pada tahun 1707 dengan arsitektur bergaya Belanda dikenal juga dengan Gedung Bicara. Dan diresmikan sebagai museum pada 30 Maret 1974.

5. Museum Tekstil

Museum Tekstil terletak di Jalan KS Tubun no.4 Palmerah Jakarta Barat. Dahulu bernama Indische Woonhuis. Museum ini dibangun pada abad ke-19. arsitekturnya bergaya Eropa. Dan baru diresmikan sebagai museum pada 28 Juni 1976.

6. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara no.3 Taman Sari, Jakarta Barat. Dahulu bernama Binnen Hospital karena merupakan rumah sakit. Museum ini dibangun pada tahun 1755 dan menjadi De Javasche Bank yang dibangun pada 1828 dengan gaya arsitektur Neklasik sekitar abad ke-19

Postingan Terkait:

You can leave a response, or trackback from your own site.

5 Responses to “6 Bangunan Bersejarah Di Jakarta”

  1. Aquidea says:

    Wah jadi pengen kesana… Terakhir ke Jakarta saya ngga kemana-mana Bang…. mungkin kalo kesana lagi saya hubungi abang ya :D ….
    Aquidea´s Postingan Terbaru [type] ..8 Jenis Palem Untuk Taman

  2. kamaropini says:

    banya tempat bersejarah juga ya ternyata di jakarta. baru tau. hehe.
    kamaropini´s Postingan Terbaru [type] ..Wisdom Hari Ini Part 3

  3. [...] memiliki masyarakat yang agamis dan menjunjung tinggi teloransi. Jakarta juga memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi perkembangan kebudayaan dan agama [...]

Leave a Reply

CommentLuv badge

Free T-Mobile Phones on Sale | Thanks to CD Rates, Best New Business and Registry Software
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.